Budidaya Tanaman Kayu Manis

Budidaya Tanaman Kayu Manis

Kayu manis

  1. Penyiapan lahanLahan untuk melakukan budidaya tanaman kayu manis sebaiknya terlebih dahulu anda cangkul dengan kedalaman sekitar 20 cm. Lahan yang akan gunakan sebaiknya bebas dari semak dan juga gulma. Dalam membuat lubang untuk penanaman bibit, berikan jarak mungkin 4 x 4 m atau 5 x 5 m.

    2.    Penyiapan bibit

    Baik tidaknya kualitas tanaman kayu manis tentunya akan dipengaruhi oleh spesies pemilihan bibit kayu manis, teknik budidaya kayu manis  itu sendiri, pemanenan, dan perawatan pasca panen. Umumnya belum semua pemilik usaha kayu manis mengetahui bagaimana cara membudidayakan tanaman kayu manis secara benar dan tepat agar hasilnya pun lebih optimal. Kayu manis dapat diperbanyak dengan biji sehingga anda dapat melakukan pembedengan atau dengan polibek. Biji disemaikan terlebih dahulu dalam tempat khusus kemudian dilakukan pemindahan ketika bibit sudah berusia 1-2 bulan.

    # pembibitan Kayu Manis
    – Dalam melakukan pembibitan Kayu manis, ada beberapa faktor yang perlu di perhatikan:
    – Tanah media penyemaian (yang dimasukan polybag) haruslah tanah yang subur
    – Tempat penyemaian harus mendapat panas serta angin yang cukup
    –  Saat tanaman masih kecil, sebaiknya di beri peneduh sementara hingga tanaman kuat
    terkena panas matahari langsung
    – Penyiraman dilakukan rutin setiap hari
    – Saat musim hujan, perlu di semprotkan fungisida tiap 2 minggu sekali
    – Pemupukan harus teratur dan sesuai dosis
    – Bibit siap pindah ketika berumur sekitar 8-10 bulan

  1. PenanamanPada umumnya tanaman kayu manis akan tumbuh baik pada tanah yang subur dan gembur dengan sistem pengairan yang baik. Seperti halnya dengan jenis tanaman pada umumnya, tanaman kayu manis juga akan tumbuh dengan subur jika ditanam di media tanah yang kaya akan bahan organik. Adapun tiga jenis tanah yang baik untuk dijadikan sebagai media penanaman tanaman kayu manis antara lain tanah organosol, tanah latosol, dan tanah andosol. Kemudian sebaiknya anda tanam tanaman kayu manis di daerah yang beriklim lembab dengan curah hujan yang merata sepanjang tahun (jumlah curah hujan sekitar 2000-2500 mm/ tahun) dan suhu harian sebaiknya sekitar 19-23,3 derajat Celsius.
    Sebelum lubang yang Anda buat ditanami dengan bibit kayu manis, sebaiknya dalam lubang tersebut anda isi dengan pupuk kandang sebanyak 1 kg untuk satu lubang. Namun, jika anda menggunakan polibek dalam pembibitan, sebaiknya anda perlu hati-hati dalam menyobek plastik. Usahakan akar tidak mengalami gangguan ketika proses penyobekan. Pada budidaya tanaman kayu manis proses penanaman, usahakan leher akar tidak tertimbun tanah.

4. Teknik Pembenihan Tanaman Kayu Manis

Kemudian untuk pembenihan, sebaiknya anda pilih benih yang berasal dari induk tanaman kayu manis pilihan yang sehat, pertumbuhannya normal, berumur lebih dari 7 tahun, tahan penyakit, dan memiliki nilai ekonomis yang baik. Benih tanaman kayu manis yang unggul biasanya ciri-ciri warna biru kehitaman dan terlihat masak sempurna. Benih bisa diambil dari biji tanaman kayu manis yang jatuh dari pohon kayu manis. Jika anda mengalami kesulitan mendapatkan benih tanaman kayu manis, kini anda bisa memesan benih-benih tanaman kayu manis di sentra-sentra produksi terdekat. Karena biji kayu manis mudah mati dan sulit untuk berkecambah, anda harus pintar dalam hal penyimpanan, pengemasan, dan pengangkutan benih-benih tanaman kayu manis. Agar tetap bertahan lama, sebaiknya benih tanaman kayu manis tidak disimpan di tempat penyimpanan yang bersuhu 27-28 derajat Celsius.

5.    Pemeliharaan

Dalam budidaya tanaman kayu manis, pemeliharaan merupakan hal yang sangat penting karena hal ini menyangkut perkembangan bibit yang anda tanamkan. Perlu anda perhatikan bahwa, untuk setiap hektar lahan yang ditanami kayu manis, perlu dilakukan pemupukan menggunakan urea sebanyak 50kg. Pemupukan ini dilakukan pertama kali saat kayu manis berusia 4 bulan dan dilakukan secara teratur sebanyak 2-4 kali setahun.

6.    Panen dan pascapanen

Panen dapat anda lakukan ketika warna daun dari tanaman kayu manis berwarna hijau tua dan untuk panen pertama dapat anda lakukan ketika usia pohon kayu manis anda 8 tahun. Pemanenan kayu manis dilakukan dengan cara mengerat kulit batang dan kulit ranting dari tanaman kayu manis yang telah cukup umur.

Tahapan di atas merupakan gambaran secara global tentang budidaya tanaman kayu manis. Semoga bermanfaat dan mampu menambah sedikit wawasan kita bersama.

  1. Syarat Tumbuh kayu manis
    Kayu manis membutuhkan tanah yang subur, gembur dengan memiliki drainase yang baik, serta kaya kandungan organik. Jenis tanah yang cocok adalah tanah andosol, latosol atau organosol. Tanaman ini juga cocok di tanam di daerah beriklim lembab, curah hujan merata tanpa musim kering panjang.

8.  Teknik Drainase pada Bedeng

Buat parit drainase pada setiap bedeng agar anda mudah menanam, menyiram, dan memindahkan bibit tanaman kayu manis. Lebar parit drainase yang anda buat bekisar 30 cm dengan kedalaman sekitar 20 cm. Pada bagian atas media penyemaian, anda lapisi tanah setebal 5 cm. Langkah yang terakhir yaitu penanaman biji tanaman kayu manis dengan jarak tanam sekitar  5 cm. Jangan lupa lakukan penyiraman secara rutin agar kebutuhan air pada tanaman kayu manis tercukupi dengan baik.

http://1001budidaya.com/budidaya-kayu-manis/

http://manfaatkayumanis.blogspot.com/2013/06/budidaya-tanaman-kayu-manis.html

Share the Post

About the Author